Mengapa Harus 2012

Mencari Sebuah Kemufakatan

Info Bunda : Anak-anak Pewaris Budaya Bangsa

pada 10 Juni 2012

Era Globalisasi terkadang membuat anak justru tak mengenal budayanya sendiri. Untuk mengantisipasinya, ajaklah si kecil bunda mengenal dan mencintai budaya indonesia.
Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya mulai dari sabang sampai merauke, bukan hanyanpulau-pulau yang berjajar,tetapi juga beranekaragam budaya asli daerah yang bertebaran. Seiring dengan perkembangan zaman, kebudayaan asli Indonesia semakin terkikis dengan budaya asing. Padahal kebudayaan ini perlu diperlihara sebagai bagian dari entitas bangsa.
Budaya bukanlah melulu mengenai kekayaan tradisional bangsa, tetapi juga menyangkut nilai kesopanan dan tatakrama yang merupakan ciri bangsa timur, pengenalan akan budaya sebaiknya dilakukan sejak dini, agar si kecil tumbuh dengan rasa nasionalisme yang tinggi. Bagaimana bunda menanamkan nilai-nilai kepada si kecil, akan membentuk kepribadiannya. Dan bagaimana sikecil memahami kebudayaan negerinya sendiri, juga dimulai dali lingkungan keluarga.
Ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk mengenalkan si kecil budaya bangsa sejak dini :
1. Gunakanlah minat si kecil saat bunda memperkenalkan warisan budaya Indonesia yang beranekaragam. Jika ia berminat pada aktivitas diluar ruangan, makan bunda bisa mengenalkan kebudayaan bangsa Indonesia dengan mengajaknya pergi ke tempat-tempat yang menyediakan kebudayaan Indonesia misalnya ke museum dan taman mini indonesia indah.
2. Si kecil juga dapat diajarkan mengenal budaya bangda sendiri melalui buku-buku kebudayaan dengan kombinasi warna yang menarik sehingga meningkatkan minatnya.
3. Bunda juga bisa bercerita mengenai beragam cerita tradisional Indonesia misalnya bawang merah bawang putih
4. Ajaklah si kecil untuk mau mengenakan baju batik secara berkala dan ceritakan batik berasal serta proses pembuatannya.
5. Indonesia memiliki banyak pahlawan nasional. Kisah kepahlawanan mereka dalam mengusir penjajah perlu si kecil ketahui untuk menginspirasinya misalnya pangeran diponegoro atau cut nyak dien
6. Sesekali saat liburan, ajak si kecil mengunjungi daerah lain sperti Bali atau Yogyakarta untuk mengetahui keindahan alam Indonesia
Mari kenalkan kekayaan budaya Indonesia pada si kecil sedini mungkin agar ia menjadi generasi penerus yang bisa lestarikan kebudayaan asli Indonesia
(dikutip dari berbagai sumber)
_Salamcaroline ;p_


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: